(YOGYAKARTA) Akhir-akhir ini Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Daerah Istimewa Yogyakarta (Disnakertrans DIY) menerima beberapa pengaduan dari perusahaan di wilayah DIY terkait adanya orang yang mengaku petugas dari Disnakertrans DIY yang datang ke perusahaan untuk membagikan buku, stiker, ataupun poster tertentu namun kemudian meminta uang sebagai ganti biaya cetak.
Dari pengaduan salah satu perusahaan, disebutkan ada dua orang yang mengaku sebagai pegawai Disnakertrans DIY mendatangi perusahaan untuk melakukan sosialisasi peraturan perundangan kemudian membagikan buku tertentu namun meminta untuk membayarnya dengan alasan sebagai ganti ongkos cetak, disebutkan pula bila perusahaan tidak mau membayarnya, orang tersebut mengancam akan melakukan tindakan tertentu terhadap perusahaan .
Menanggapi hal itu, Kepala Bidang Hubungan Industrial Dan Perlindungan Tenaga Kerja Disnakertrans DIY, Ariyanto Wibowo, SH., M.Hum. menegaskan bahwa “Disnakertrans DIY hingga saat ini tidak pernah menugaskan pegawai untuk membagikan buku, stiker, ataupun poster tertentu tanpa disertai Surat Penugasan, apalagi meminta perusahaan tersebut untuk membayar dengan sejumlah uang, kalaupun ada kunjungan dari pegawai Disnakertrans DIY, pasti selalu disertai Surat Penugasan dan tidak pernah meminta perusahaan untuk menyerahkan sejumlah uang. Jadi dipastikan apa yang diadukan oleh perusahaan terkait adanya orang yang mengaku petugas dari Disnakertrans DIY yang datang ke berbagai perusahaan untuk membagikan buku, stiker, atau apapun namun kemudian meminta uang adalah salah satu bentuk modus penipuan.” 
Oleh karena itu Bapak Ariyanto Wibowo, SH., M.Hum. menghimbau kepada seluruh perusahaan di DIY untuk berhati-hati terhadap segala bentuk penipuan yang mengatasnamakan Disnakertrans DIY dan melaporkan kepada Kepolisian bila mengalami kejadian seperti yang diadukan oleh perusahaan tersebut. Disnakertrans DIY juga mempersilahkan apabila ada perusahaan yang ingin bertanya terkait program ataupun kegiatan yang sedang dilaksanakan untuk dapat menghubungi nomor (0274)885147 atau dapat secara langsung datang ke Kantor Disnakertrans DIY.
  ; (Klik gambar untuk memperbesar)
PEMERINTAH DAERAH DIY
DINAS NAKERTRANS
nakertrans.jogjaprov.go.id
Jogja: Pengangguran Terbuka Menurun
 
« Kembali
Tanggal berita : Senin, 26 November 2012
Dibaca: 58628 kali


JOGJA—Pemerintah mengklaim jumlah pengangguran terbuka di Jogja menurun dibanding awal tahun lalu. Kendati penurunan jumlah pengangguran tak berkorelasi positif dengan tingkat kemsikinan di DIY yang dinilai masih tinggi.
Badan Pusat Statistik (BPS) awal pekan ini melansir penurunan Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT), berdasarkan data terakhir Agustus 2012 hanya 3,97%, turun dibanding Februari 2012 sebesar 4,09%. Namun bila dibanding periode yang sama tahun lalu posisinya masih sama di angka 3,97%. Dibanding nasional yang mencapai angka 6,14%, tingkat pengangguran di DIY dinilai masih rendah.
Kabid Statistik Sosial BPS DIY, Rachmawati menyatakan, TPT dihitung dari penduduk usia produktif di atas 15 tahun yang memang belum memiliki pekerjaan. Tingkat pengangguran tertinggi berada di Sleman sedangkan terendah berada di Gunungkidul.
“Memeng kecenderungan di daerah rural (Gunungkidul) tingkat pengangguranya rendah. Karena kebanyakan masyarakat bekerja di sektor pertanian, meski sektor ini tidak produktif. Tapi kalau di perkotaan, kalau tidak ada pekerjaan ya tidak bekerja atau menganggur,” terang Rachmawati, awal pekan ini.
Kepala BPS DIY Wien Kusdiatmono mengatakan, kendati tingkat pengangguran Jogja kecil di bawah nasional namun belum tentu kabar baik sebab angka kemsikinan di darerah ini masih tinggi mencapai 16%. Wien berpandangan, tak ada korelaisnya kecilnya pengangguran dengan rendahnya angka kesmikinan. Sebab menurutnya, banyak warga miskin yang bukan pengangguran tapi mereka tak mampu menaikan taraf hidup mereka.
“Orang miskin tetap banyak tapi mereka bekerja bukan pengangguran. Ini yang mengkhawatirkan, bekerja tapi tetap banyak yang miskin. Jadi nggak ada hubunganya angka pengangguran dengan jumlah kemiskinan,” kata Wien.
sebagaimana dkutip dari artikel di www.griya190.com 7 November 2012
sil/2012

 
 
 
Daftar Berita
 
# Kemnaker Segera Siapkan Grand Design Kompetensi Tenaga Kerja
  04 Agt 2017 Dibaca: 554 kali
# Hiperkes dan Keselamatan Kerja DIY Upgrade ISO 9001 : 2015
  31 Jul 2017 Dibaca: 638 kali
# HATI-HATI TERHADAP SEGALA PENIPUAN YANG MENGATAS NAMAKAN DINAS TENAGA KERJA DAN TRANSMIGRASI DI. YOGYAKARTA
  29 Jul 2017 Dibaca: 1059 kali
# Pemeriksaan Kesehatan dan Pengujian Lingkungan Balai Hiperkes di Kabupaten Gunung Kidul
  28 Jul 2017 Dibaca: 583 kali
# PELATIHAN BERBASIS KOMPETENSI (PBK) BLKPP DIY 2017
  28 Jul 2017 Dibaca: 626 kali
# BLKPP JOB FAIR 2017
  21 Jul 2017 Dibaca: 1271 kali
# Pelatihan Praseleksi Persiapan Magang ke Jepang
  17 Jul 2017 Dibaca: 1350 kali
# Program Pemagangan PT. Anwid Graha Kerjasama dengan Disnakertrans DIY
  13 Jul 2017 Dibaca: 1006 kali
# Program Pemagangan Ke Jepang Sudah dibuka Online
  12 Jul 2017 Dibaca: 1119 kali
# Kerjasama antara Disnakertrans DIY dan Solusi247
  12 Jul 2017 Dibaca: 856 kali
Data ke 1-10 dari 413 data.
Hlm : 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 »

Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi DIY
Jl. Lingkar Utara Maguwoharjo, Depok, Sleman, DIY
Telp. (0274) 885147   Fax. (0274) 885036