Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi DIY, Jl. Lingkar Utara Maguwoharjo, Depok, Sleman ; (Klik gambar untuk memperbesar)
PEMERINTAH DAERAH DIY
DINAS NAKERTRANS
nakertrans.jogjaprov.go.id
 
DAFTAR TULISAN DI BUKU TAMU
« Home
 
1.
Fidelis Felix Hanung (Piyungan, Bantul)
Kamis, 30 Mar 2017 11:18:48
Judul : pemberhentian sepihak, upah tak dibayar
Pesan :
Saya bekerja sebagai editor multimedia di PT..........Center,dari Feb 2016 sampai awal Feb 2017,dengan masa kontrak yang ditulis di surat perjanjian kerja adalah 2 tahun. Awal feb 2017 saya dan teman-teman satu divisi dipanggil menghadap owner,saat itu status kami sebagai karyawan berhentikan diganti menjadi freelance secara sepihak oleh Larissa.Padahal gaji & honor (uang lembur selama bekerja) belum diberikan, yang seharusnya sudah diberikan pada tanggal 27 Januari.Pada saat itu hingga sekarang tidak ada surat resmi perubahan status kami sebagai karyawan.Saya sudah berulang kali mendatangi pihak larissa.Tapi hingga sekarang tidak pernah upah dan honor diberikan kepada saya, apalagi pekerjaan freelance yang dijanjikan saya tidak pernah dihubungi.Perlu diketahui juga,selama bekerja sampai saya diberhentikan,belum pernah saya mendapatkan SP atau teguran yang berkaitan dengan kelalaian pekerjaan.
Yang menjadi pertanyaan saya adalah:
1.Apakah boleh perusahaan membatalkan kontrak kerja secara sepihak tanpa pemberitahuan alasan pemberhentian?
2.Apakah pemberhentian karyawan, boleh menghapus upah dan lembur?
3.Apa yang harus saya lakukan, agar saya bisa mendapatkan apa yang seharusnya menjadi hak saya.

Untuk tanggapan seluruh kasus ini, saya mengucapkan terimaksih.
Disnakertrans DIY :
Kepada Yth,
Sdr. Hanung
di Yogyakarta

Sebelumnya kami haturkan keprihatinan atas kejadian yang menimpa saudara, semoga segera dapat kita dapatkan penyelesaiannya.
Dalam Hubungan Industrial, perusahaan tidak dapat begitu saja membatalkan kontrak kerja secara sepihak tanpa pemberitahuan alasan pemberhentiannya. namun yang perlu diketahui apakah hal tersebut diatur dalam perjanjian kerja atau tidak, mengingat perjanjian tersebut juga mengikat kedua belah pihak.
Sedangkan pemberhentian Karyawan tidak menghapus kewajiban pengusaha untuk memberikan hak upah lembur dan hal tersebut diatur dalam Pasal 78 UU 13/2003 tentang Ketenagakerjaan.
Saya sarankan saudara membuat aduan tertulis yang memuat kronologis kejadian yang saudara alami ditujukan ke Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi DIY, Up. Kasi. Pengawasan Ketenagakerjaan, Jl. Ringroad Utara, Maguwoharjo, Depok, Sleman atau datang langsung menemui Pengawas Ketenagakerjaan di alamat tersebut.

Vendy
Staff Pengawas DIY.
2.
Indra (Jl. Pahlawan Seribu BSD City - Tangerang)
Rabu, 29 Mar 2017 10:21:21
Judul : Bagaimana cara Mendaftar di Disnaker ini?
Pesan :
Selamat Pagi,

Saya Indra, Hr Recruitment dari PT. Mitracomm Ekasarana.
Kantor pusat kami berada di Jakarta, namun saat ini kami sedang ada lowongan kerja untuk di daerah Yogyakarta.
Saya ingin mencoba untuk membuat suatu iklan di Disnaker ini, kalau boleh tahu, bagaimana caranya ya?
Terima kasih.
Disnakertrans DIY :
Selamat Pagi,

Untuk menayangkan lowongan kerja di website Disnaker di Bursa Kerja Terbuka. Syarat dan ketentuannya sebagai berikut :
- Anda perlu mengirimkan surat resmi permohonan untuk menampilkan lowongan kerja dari perusahaan terkait disertai dengan nama penanggung jawab beserta no telp yang bisa dihubungi.
- Surat dan lowongan kerja tersebut bisa dikirim via email ini atau anda bisa menyerahkan langsung ke kantor Disnakertrans Jogja.
- Selanjutnya lowongan tersebut akan kami proses dan verifikasi untuk selanjutnya kami tayangkan di Website Disnakertrans Jogja.
Demikian yang dapat saya sampaikan semoga bisa dimengerti.

Galih

Pengelola Web Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi DIY
3.
Anindya (jl kaliurang km 10)
Sabtu, 25 Mar 2017 20:50:01
Judul : Gaji tidak ada kejelasan
Pesan :
Assalamualaikum Wr. Wb
Saya berkerja di sebuah brand pakaian untuk mengisi event selama 1 bulan pada bulan Desember th 2016 lalu sampai pertengahan Januari, dan sampai saat ini belum ada kejelasan gaji saya yang 1 bulan dibayarkan kapan, saya sudah mencoba bertanya pada koordinator berulang kali dan katanya ada sedikit masalah, dan selalu bilang gaji akan dibayarkan pada tanggal sekian, tapi saat tgl yang dibilang koordinator gaji akan dibayarkan ternyata tidak ada gaji yang ditransfer, saat saat saya tanyakan kembali pasti koordinator bilang mau ditanyakan ke kantor dulu, begitu terus sampai sekarang belum dibayar bayar
Mohon admin memberikan solusi dan masukan untuk masalah saya
Disnakertrans DIY :
Kepada Yth,
Sdr. Anindya
di Yogyakarta

Waalaikumussalam Wr. Wb.
Sesuai ketentuan pasal 1 ayat (30) UU No. 13/2003 tentang Ketenagakerjaan, Upah adalah hak pekerja/buruh yang diterima dan dinyatakan dalam bentuk uang sebagai imbalan dari pengusaha atau pemberi kerja kepada pekerja/buruh yang ditetapkan dan dibayarkan menurut suatu perjanjian kerja, kesepakatan, atau peraturan perundang-undangan, termasuk tunjangan bagi pekerja/buruh dan keluarganya atas suatu pekerjaan dan/atau jasa yang telah atau akan dilakukan.
Sesuai ketentuan diatas, upah beserta tunjangan tetap merupakan hak tenaga kerja yang bila tidak diberikan kepada Tenaga Kerja sesuai yang diperjanjikan jelas merupakan pelanggaran hukum, sedangkan Tunjangan yang dimaksud diatas adalah tunjangan tetap yang termasuk dalam komponen upah pokok.
Berkaitan dengan apa yang saudara alami, kami sarankan saudara datang ke Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi DIY, Jl.Lingkar Utara, Maguwoharjo, Depok, Sleman, untuk berkonsultasi dengan Pengawas Ketenagakerjaan kami dan membawa dokumen pendukung yang saudara miliki agar dapat kami proses lebih lanjut.

Vendy
Staff Pengawas Ketenahakerjaan DIY.
4.
adi (jogja)
Sabtu, 4 Mar 2017 10:56:26
Judul : cuti karyawan untuk usaha berbentuk CV
Pesan :
tanya.

apakah boleh usaha berbentuk CV aturannya tidak ada cuti karyawan & jika ijin tidak masuk kerja karena sakit dg ada surat keterangan dokter tetap didenda 50rb ?

Terimakasih
Disnakertrans DIY :
Kepada Yth,
Sdr Adi
di Yogyakarta

Sesuai ketentuan Undang-Undang No. 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan Pasal 79 ayat (1) menyebutkan bahwa Pengusaha wajib memberi waktu istirahat dan cuti kepada pekerja/buruh.
Jadi dapat dipahami bahwa tanpa melihat badan hukum suatu perusahaan, Pengusaha wajib memberi waktu istirahat dan cuti kepada pekerja.
Sedangkan untuk pengenaan denda bagi pekerja dapat dilakukan dengan memperhatikan Undang-Undang No. 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan, PP. 78/ 2015 tentang Pengupahan, dan Peraturan Perusahaan yang telah mendapatkan Pengesahan dari Dinas Tenaga Kerja setempat.
Untuk lebih jelasnya silakan langsung berkonsultasi dengan Pengawas Ketenagkerjaan di Kantor Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi DIY d/a. Jl. Ringroad Utara, Maguwoharjo, Depok, Sleman.

Novendy Setiya W.
Staff Perlindungan Tenaga Kerja dan Hubungan Industrial
Disnakertrans DIY.
5.
Natalia (Perum Tiara Ardi Blok C, 4)
Rabu, 1 Mar 2017 19:04:06
Judul : Pengaduan gaji dan aturan kerja
Pesan :
Slamat sore saya mau tanya,
Saya kerja diprusahaan yg gajinya dibawah umr, 1,1 tidak sampai.. Dan aturannya kok terlaluan bgt. Telat dipotong 40 rb, dikit2 Ada nombok, dan kmrn Ada plesir, yg gak ikut di skorsing seminggu dan cuti setahun hangus, kmrn tmn saya sakit tp ngabari telat juga dipotong 40 rb. Saya gener 2 greget,apa gk Ada penyidikan untuk prusahaan sperti INI?
Disnakertrans DIY :
Kepada Yth,
Sdr. Natalia
di Yogyakarta

Sesuai UU No. 13/2003 tentang Ketenagakerjaan, setiap perusahaan dilarang membayar upah dibawah Upah Minimal Kabupaten (UMK) dimana perusahaan tersebut menjalankan usahanya; pelanggaran terhadap ketentuan tersebut dapat dikenakan sanksi pidana sesuai pelanggaran yang dilakukan.
Kami sarankan, saudara untuk datang langsung berkonsultasi dengan Pengawas Ketenagakerjaan atau dapat juga dengan membuat pengaduan secara tertulis yang ditujukan kepada Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi DIY. d/a. Ringroad Utara, Maguwoharjo, Depok, Sleman agar dapat kami tindak lanjuti.

Vendy
Staff Perlindungan Tenaga Kerja DIY.
6.
Iskandar (Watumas, Purwanegara, Purwokerto)
Selasa, 28 Feb 2017 10:20:15
Judul : Pelatihan AK3 Umum
Pesan :
Semangat Pagi. Mohon informasi Nama Perusahaan apa saja yang direkomendasikan untuk pelaksanaan pelatihan AK3 Umum di Prov. DIY.
Terimakasih atas informasi yang dberikan
Disnakertrans DIY :
Kepada Yth,
Bp. Iskandar

Untuk informasi perusahaan yang saudara inginkan dapat kami berikan setelah adanya surat tertulis secara resmi ke Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi DIY, mengingat informasi tersebut memerlukan tindak lanjut sesuai ketentuan Dinas.
Untuk itu, saudara dapat mengirimkan surat dimaksud ke Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi DIY d/a. Jl. Ringroad Utara, Maguwoharjo, Depok, Sleman.
7.
Muhadi Tri Wusana (Nyutran MG II/ 1498 Yogyakarta)
Kamis, 26 Jan 2017 21:21:05
Judul : Info Uji Kompetensi
Pesan :
Apakah ada info untuk mengikuti uji kompetensi? Bidang desain grafis/ multimedia/ editing video. Terima Kasih
Disnakertrans DIY :
Terimakasih mas Muhadi sudah mau bertanya di website Disnakertrans Jogja, Begini mas untuk info uji kompetensi disini yang disediakan sebagai berikut :

1.Bidang Welding
2.Bidang Pariwisata
3.Bidang Garmen
4.Bidang Komputer
5.Bidang Spa
6.Bidang Batik
7.Bidang Otomotif

Bidang Komputer yang disediakan adalah operator komputer. Bidang desain grafis/ multimedia/ editing video belum ada. Jika mas Muhadi ingin lebih jelas bisa datang langsung ke kantor Disnakertrans Jogja dibagian uji kompetensi.
Terima kasih.
8.
Fajar Ari (jl Godean Km 9 sidomulyo godean)
Senin, 14 Nov 2016 10:21:16
Judul : IURAN JAMSOSTEK Tidak dibayarkan Oleh Perusah
Pesan :
Kepada YTH
Bapak/Ibu Pimpinan Disnakertrans DIY

Saya Bekerja di Outsorcing Pt Mahakam kencana intan padi Sebagai Security yg ditempatkan diNGO selama 9tahun,dari juni 2006 sampai berakhir kontrak juni 2015..dan saya didaftarkan diJamsostek tahun 2007 dan saya menterdaftar jd peserta Jamsostek(mendapat kartu jamsostek)..pada tahun 2008 sampai 20012 saya mendapatkan rincian dari jamsostek tp ditahun berikutnya saya tdk mendapatkan lagi karena saya curiga saya sempat menanyakan kePerusahaan tp dijawab baru proses.. Setelah saya putus kontrak 2015 saya tdk mengecek saldo... Pada hari jumat tgl 11-11-2016 saya berencana untuk mencairkan JHT saya dan mendatangi Kantor BPJS ketenagakerjaan.alangkah terkejutnya saya diberitahukan bahwasanya perusahaan PT Mahakam kencana Intan Padi tidak membayarkan iuran dari tahun 2013 jadi 2,5tahun iuran kami..pada hari jumat 11-11-2016 saya mendatangi kantor PT Mahakam KIP yg dijogja diPerum Harmoni Grahatama Blok B1 tutup dan ditlp nomer tdk aktif dan esok harinya saya tlp kantor pusat yg diSurabaya dan jawabanya mau dicek dulu tp jawaban itu bagi saya jawaban yg klise..yg saya tanyakan kepada siapa saya mengadu masalah ini... Masalahnya ini tdk cuma saya saja yg menjadi korban tp teman teman saya juga menjadi korban... Mohon petunjuk dari Disnakertrans...
Disnakertrans DIY :
Sebelum saudara bekerja pada fendor yang mungkin dipekerjakan pada pemakai, saudara tentu ada perjanjian kerja waktu tertentu didalam PKWT diatur dalam Perjanjian Kerja (PK) yang dibuat sekurang-kurangnya rangkap 2(dua) yang mempunyai kekuatan hukum yang sama , baik untuk pekerja/buruh dan pengusaha, masing-masing mendapat 1(satu) perjanjian kerja(PK) dan perjanjian kerja wajib dibuat secara tertulis,jelas dan lengkap, yang dalam klausul pasal-pasalnya mengatur mengenai syarat-syarat kerja,hak,kewajiban , kedua belah pihak dan tidak bertentangan dengan peraturan perusahaan (PP) perjanjian kerja bersama (PKB) maupun peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Namun dari segi etika perlindungan pekerja/buruh perusahaan wajib mengikutkan / memasukan BPJS ketenagakerjaan dan BPJS Kesehatan . Yang perlu diketahui bahwa BPJS ketenagakerjaan ada 4 program :
1. Jaminan Kecelakaan Kerja(JKK)
2. Jaminan Hari Tua (JHT)
3. Jaminan Kematian (JKM) dan
4. Jaminan Pensiun.

Disini saudara dalam perjanjian Kerja (PK) yang diatur dalam klausul pasal-pasal ikut berapa program? Ini yang perlu diklarifikasi dan untuk lebih jelasnya ssaudara kekantor Disnakertrans terdekat dengan membawa Perjanjian Kerja (PK) saudara untuk mengetahui saudara dimasukan dalam BPJS ketenagakerjaan berapa program?



9.
feri ramadani (jalan magelang km 14)
Minggu, 23 Okt 2016 01:45:35
Judul : magang ke jepang
Pesan :
mau tanya
pemagangan di bulan juni ada tidak ya ?
terima kasih
Disnakertrans DIY :
untuk pemagangan di bulan juni belum ada , untuk pemagangan ke Jepang dilaksanakan 2 kali dalam setahun pendaftaran bulan januari s/d Maret dan Juli s/d September diterimakasih
10.
prat (bolon 03 palbapang bantul)
Minggu, 23 Okt 2016 01:43:09
Judul : hak karyawan
Pesan :
Assalamu'alaikum wr.wb
Disnakertrans DIY :
Hak karyawan :
- hak mendapatkan upah
- hak cuti.
Hak dan kewajiban karyawan biasanya tertuang di dalam peraturan perusahaan ,peerjanjian kerja bersama , dan perjanjian kerja.

Menampilkan data ke 1-10 dari 96 data.
Halaman 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 »

MENULIS KE BUKU TAMU
 
:
:
:
:
:
Verifikasi *:
 

*) : Harus diisi




Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi DIY
Jl. Lingkar Utara Maguwoharjo, Depok, Sleman, DIY
Telp. (0274) 885147   Fax. (0274) 885036