Kios 3 in 1 merupakan layanan yang disediakan Kemeterian Ketenagakerjaan salah satunya melalui Balai Latihan Kerja dan Pengembangan Produktivitas DIY. Dengan adanya fasilitas ini diharapkan masyarakat memiliki kemudahan untuk mengikuti pelatihan, sertifikasi, dan mendapatkan pekerjaan (penempatan).  ; (Klik gambar untuk memperbesar)
PEMERINTAH DAERAH DIY
DINAS NAKERTRANS
nakertrans.jogjaprov.go.id
 
DAFTAR TULISAN DI BUKU TAMU
« Home
 
1.
Alif alfianti (jl. magelang Km. 04 No. 188 karangwaru kidul)
Rabu, 24 Jun 2015 12:25:05
Judul : Pengajuan Lowongan Kerja
Pesan :
selamat siang, saya mau tanya bagaimana caranya supaya lowongan kerja yang saya masukkan bisa di tanyangkan di web ini? terimakasih
Disnakertrans DIY :
selamat siang ibu Alif alfianti, silahkan Anda mengajukan permohonan tertulis kepada Disnakertrans DIY disertai nomer kontak person/telp serta profil perusahaan, kemudian tim seleksi akan memverifikasinya. apabila lowongan tersebut lolos uji verikasi kami akan menampilkan dalam web ini.
2.
Adhe Rama Asthenia (Jl. Patangpuluhan No 30)
Selasa, 5 Mei 2015 10:56:22
Judul : Pengalaman Kerja
Pesan :
Admin, Selamat siang
saya ingin kerja di korea , tapi memang belum ada riwayat kerja keluar negri, bisa di bilang pemula, hanya saja saya sedikit takut dengan perlindungan TKI, apakah terjamin keselamatanya, lalu standarnya pelatihan dan sampai berangkat itu biayanya berapa, benarkah bisa pinjam lewat bank , jika benar selesai selama berapa tahun.
Mohon pencerahan dan saran sarannya.
Terimakasih
Disnakertrans DIY :
Untuk bekerja diKorea, saudara dapat langsung konsultasi ke BP3TKI Yogyakarta, dengan beralamat di jl Sambisari ,Kalasan, karena program G to G ke Korea diselenggarakan oleh BP3TKI, Terimakasih
3.
yudha (sleman)
Kamis, 9 Apr 2015 21:25:00
Judul : PHK dan KOMPENSASI
Pesan :
selamat malam

saya baru saja kena PHK awal minggu ini,saya sudah bekerja sekitar 2,5th dan sudah menjadi karyawan tetap pada perusahaan tersebut.saya di phk dikarenakan penghapusan sub departemen di perusahaan tersebut.
sampai sekarang saya blm mendapat kejelasan pentang kompensasi yg saya dapat,baik besarnya kompensasi dan kapan kompensasi tersebut bisa cair.saya sudah menanyakan kep mantan atasan saya tetapi blm ada jawaban dikarenakan pembuat keputusan ada di pusat (jakarta).yang mau saya tanyakan:

1. apa yg harus saya lakukan untuk menuntut kompensasi saya
2. disaat kompensasi yg saya terima hanya 1x gaji,apakah menyalahi aturan??

terima masih
Disnakertrans DIY :
selamat malam pak yudha
untuk kompensasi Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) yang berhak diterima pekerja/buruh yang dikarenakan perusahaan tutup, anda dapat melihat pada Pasal 164 UU No. 13 Th 2003 tentang ketenagakerjaan, dalam ayat (1) disebutkan bahwa pekerja/buruh berhak atas uang pesangon 1 kali ketentuan (masa kerja 2 s/d 3 tahun mendapatkan 3 kali upah perbulan) dan uang penggantian hak, tetapi dalam perolehan hak penghargaan masa kerja harus minimal masa kerja 3 tahun. Agar lebih jelasnya, dan sesuai dengan kronologis riwayat pekerjaan saudara, baiknya saudara melakukan konsultasi langsung dengan seksi Hubungan Industrial di Dinas Tenaga Kerja pada domisili perusahaan saudara.
Terima Kasih.
4.
Tri Astuti Handriyani (Celenan rt008/rw002 Jagalan Yogyakarta)
Jumat, 13 Feb 2015 22:40:56
Judul : Pelatihan Ketenagakerjaan
Pesan :
Mau tanya kabupaten bantul itu ada pelatihan ketenagakerjaan tidak? Kalo ada bagaimana cara daftarnya? Trimakasih
Disnakertrans DIY :
Setiap tahun BLK Kab Bantul melaksanakan pelatihan ketrampilan, untuk lebih jelasnya waktu pelaksnaan dan jenis pelatihan silahkan langsung datang ke BLK Kab. bantul
5.
Rizqi (sleman)
Rabu, 11 Feb 2015 22:59:15
Judul : blkpp
Pesan :
mau tanya, pelatihan di BLKPP untuk tahun ini apakah sudah dibuka? terus cara pendaftarannya gimana? biaya? apakah akan ada pelatihan gratis?
Disnakertrans DIY :
untuk pelatihan sudah kami buka. Ada yang bayar sendiri (Swadana) dan ada yang gratis, untuk yang gratis, pendaftaran bisa melalui email: blkppdiy@yahoo.com, atau bisa langsung datang ke BLKPP DIY, jalan Kyai Mojo No, 5 Yogyakarta dengan membawa foto copy ijazah terakhir & Foto copy KTP. Untuk gelombang I yang masih dibuka adalah kejuruan Perhotelan, Las Listrik, Elektronika & sepeda Motor. Untuk yang Swadana, pendaftaran kami buka setiap hari dengan membawa Amplop & Perangko, setelah terkumpul 20 orang akan kami panggil.
6.
Dwi Susanto (Kota Baru)
Rabu, 4 Feb 2015 23:59:32
Judul : EMAX AMBARUKMO PLAZA butuh perhatian Disnaker
Pesan :
Selamat malam,

saya ingin bertanya ke Disnakertrans dalam bersikap bila ada laporan sebuah kasus yang di hadapi karyawan swasta yang dinyatakan harus menanggung Lost atau kerugian perusahaan yang sudah bertahun-tahun tapi di bebankan kepada karyawan baru dengan melakukan pemotongan gaji selama 6 bulan dan memberikan ancaman kepada pekerja mereka apabila tidak mau menandatangani sebuah belangko kosong gaji mereka tidak akan di bayarkan, perusahaan beralibi mengalami kerugian sampai dengan ratusan juta dan yang ratusan juta sudah di tutup oleh perusahaan dan sisanya beberapa puluh juta harus di tanggung oleh karyawan. namun perusahaan tidak mampu melakukan tracing kerugian mereka dan siapa yang harus bertanggung jawab untuk itu, hal tersebut terlihat sangat konyol. terlihat seperti rekayasa untuk memperkaya perusahaan dengan menekan karyawannya.

Apakah di benarkan cara mereka seperti itu?
Apakah meminta seseorang tanda tangan di sebuah belangko kosong bukan tidakan kejahatan perdata?

Mohon Konfirmasinya
Disnakertrans DIY :
Kepada Yth. Sdr. Dwi Susanto
Tindakan tersebut tidak dibenarkan, perusahaan dapat dikatakan mengalami kerugian apabila ada bukti berupa laporan keuangan perusahaan beserta neraca rugi laba yang menunjukkan bahwa perusahaan rugi. laporan keuangan perusahaan tersebut seharusnya diberitahukan kepada para pekerja atau perwakilan pekerja di perusahaan Saudara. Saran kami Saudara ajukan permohonan pengaduan secara tertulis ke disnaker dimana lokasi perusahaan berada sesuai kewenangannya agar segera ditindaklanjuti.
Demikian saran kami, semoga bermanfaat
7.
ahmad asri zalmi (Jl. madubronto no 6D patangpuluhan)
Jumat, 16 Jan 2015 06:56:36
Judul : Cara untuk mendapatkan data biodata pekerja
Pesan :
Dear nakertrans jogja, kebetulan kami sedikit kesulitan untuk mencari tenaga kerja yang terampil serta siap kerja. sebelumnya kami pernah mendengar dari pengusaha lain kalau kita sebagai pengusaha bisa menjadi anggota dinakertran dan kemudian dapat mengetahui informasi biodata para pekerja yang belum mendapatkan pekerjaan secara online, apakah itu benar dan bagaimana cara nya?

Trimakasih sebelumnya

DNA Photo
Manager
Disnakertrans DIY :
Dengan hormat,
Terimakasih atas pesan yang disampaikan, untuk mendapatkan data nama pencari kerja bp/Ibu silakan datang ke kantor Tenaga Kerja Kabupaten/Kota setempat disana Bp/ibu silakan berkonsultasi dan akan dilayani petugas sesuai keinginan Bp/Ibu

Dinas tenaga kerja juga membantu mempublikasikan Lowongan Kerja secara gratis.

Dinas Nakertrans DIY
sunu/penatalaksana & pengembangan bursa kerja
8.
Handy Firmansyah Bachtiar (Jl. Wonosari km 9)
Sabtu, 10 Jan 2015 11:38:56
Judul : Sistem pengupahan pada hari libur nasional
Pesan :
Dengan hormat.

Saya adalah pekerja shift. 6 hari kerja, 1 hari libur, rolling. Jadi hari libur mingguan saya tidak selalu di hari Ahad. Yang ingin saya tanyakan, apabila secara kebetulan hari libur saya bertepatan dengan hari libur nasional, apakah :
- Saya tetap diupah ? ( ps.88-3 )
- Rekan kerja saya yang lain, yang juga libur ( tapi jadwal libur mingguan tidak jatuh di tanggal tsb ), apakah juga diupah?
- Apakah benar jika saya ( anggap saja sedang sial karena hari libur nasional bertepatan dg jadwal libur saya ) diupah sebanyak 2 jam lembur wajib, sedangkan rekan saya yang lain ( yang di jadwalnya jatah masuk ) dibayar full sehari. Sedangkan kami semua sama-sama libur alias sama-sama tidak bekerja di hari tsb?

Mohon penjelasannya menurut UU.13/2003 ttg Ketenagakerjaan.
Terimakasih banyak.
Handy
Disnakertrans DIY :
Kepada Yth Sdr. Handy
Pada prinsipnya bahwa pekerja tetap dibayar upahnya walau mereka libur bertepatan dengan hari libur nasional, namun untuk uang transport dan uang makan tidak dibayarkan jika hal itu dituangkan dalam perjanjian kerja antara pekerja dan pengusaha di perusahaan Saudara.

Demikian jawaban kami, kurang lebihnya kami mohon maaf, terima kasih
9.
Jono (Jogjakarta Berhenti Nyaman)
Jumat, 10 Okt 2014 07:36:41
Judul : Tanya
Pesan :
Pakdhe... pelatihan BLK masih ada ga ya?
Disnakertrans DIY :
Untuk Tahun ini pendaftaran sudah ditutup, jika ingin mendaftar silahkan dengan menulis nama, no Hp dan jurusan yang diminati, tetapi untuk alokasi tahun 2015. pelaksanaan pelatihan awal februari tergantung jurusan yang diminati.
10.
Setyo wahyuni (Malangan,Sentolo,Kulon Progo)
Kamis, 24 Jul 2014 10:34:48
Judul : kriteria perusahaan yg wajib memberikan THR
Pesan :
sy mau menanyakan,klo perusahaan CV wajib memberikan THR blm,soalny sy sdh bkrja selama hampir 5th blm prnh mendapatkan THR,mgkin krn lokasi perusahaan kami didesa,mjd slh satu alasan pimpinan kami,memang kami mendapat bungkisan dan pengganti uang makan selama puasa,tp klo THR 1 gaji blm prnh,wlpun masa krja ada yg 5th lebih,mohon dijelaskan kriteria perusahaan yg wajib memberikan THR.terimakasih
Disnakertrans DIY :
Kepada Yth. Sdri Setyo Wahyuni

Pada dasarnya semua perusahaan wajib memberikan THR Keagamaan kepada para karyawan. Besarnya THR untuk pekerja dengan masa kerja 1 tahun atau lebih adalah 1 kali upah sebulan, sedangkan untuk pekerja dengan masa kerja 3 bulan tetapi kurang dari 1 tahun diberikan proporsional dengan perhitungan masa kerja dibagi 12 dikali upah 1 bulan. Namun demikian bagi perusahaan yang karena kondisi keuangannya tidak mampu membayar THR maka besarnya THR menyesuaikan dengan kemampuan perusahaan tersebut.
Demikian jawaban kami, kurang lebihnya kami mohon maaf, terima kasih.

Menampilkan data ke 1-10 dari 71 data.
Halaman 1 2 3 4 5 6 7 8 »

MENULIS KE BUKU TAMU
 
:
:
:
:
:
Verifikasi *:
 

*) : Harus diisi




Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi DIY
Jl. Lingkar Utara Maguwoharjo, Depok, Sleman, DIY
Telp. (0274) 885147   Fax. (0274) 885036