Logo dan tagline baru Yogyakarta mengandung makna dan filosofi. Berikut sedikit makna dan filosofi di balik logo baru yang menjadi rebranding Yogyakarta ini.
*) Warna merah bata (C:0 M:100 Y:100 K:10) : berasal dari warna lambang Keraton Kasultanan Yogyakarta. Simbol keberanian, ketegasan dan kebulatan tekad.
*) Font mengadaptasi aksara Jawa. Simple dan dinamis sebagai manifestasi semangat youth, women dan netizen.
*) Memuat sembilan cita-cita pembangunan Yogyakarta (Jogja Renaissance) di bidang pendidikan, pariwisata, teknologi, ekonomi, energi, pangan, kesehatan, keterlindungan warga serta sektor tata ruang dan lingkungan.
*) Tagline sengaja tidak menggunakan bahasa asing karena menghadirkan kebanggaan tersendiri dengan menggunakan Bahasa Indonesia.
(sumber : http://jogja.tribunnews.com/2015/02/06)  ; (Klik gambar untuk memperbesar)
PEMERINTAH DAERAH DIY
DINAS NAKERTRANS
nakertrans.jogjaprov.go.id
 
DAFTAR TULISAN DI BUKU TAMU
« Home
 
1.
Tri Astuti Handriyani (Celenan rt008/rw002 Jagalan Yogyakarta)
Jumat, 13 Feb 2015 22:40:56
Judul : Pelatihan Ketenagakerjaan
Pesan :
Mau tanya kabupaten bantul itu ada pelatihan ketenagakerjaan tidak? Kalo ada bagaimana cara daftarnya? Trimakasih
Disnakertrans DIY :
Setiap tahun BLK Kab Bantul melaksanakan pelatihan ketrampilan, untuk lebih jelasnya waktu pelaksnaan dan jenis pelatihan silahkan langsung datang ke BLK Kab. bantul
2.
Rizqi (sleman)
Rabu, 11 Feb 2015 22:59:15
Judul : blkpp
Pesan :
mau tanya, pelatihan di BLKPP untuk tahun ini apakah sudah dibuka? terus cara pendaftarannya gimana? biaya? apakah akan ada pelatihan gratis?
Disnakertrans DIY :
untuk pelatihan sudah kami buka. Ada yang bayar sendiri (Swadana) dan ada yang gratis, untuk yang gratis, pendaftaran bisa melalui email: blkppdiy@yahoo.com, atau bisa langsung datang ke BLKPP DIY, jalan Kyai Mojo No, 5 Yogyakarta dengan membawa foto copy ijazah terakhir & Foto copy KTP. Untuk gelombang I yang masih dibuka adalah kejuruan Perhotelan, Las Listrik, Elektronika & sepeda Motor. Untuk yang Swadana, pendaftaran kami buka setiap hari dengan membawa Amplop & Perangko, setelah terkumpul 20 orang akan kami panggil.
3.
Dwi Susanto (Kota Baru)
Rabu, 4 Feb 2015 23:59:32
Judul : EMAX AMBARUKMO PLAZA butuh perhatian Disnaker
Pesan :
Selamat malam,

saya ingin bertanya ke Disnakertrans dalam bersikap bila ada laporan sebuah kasus yang di hadapi karyawan swasta yang dinyatakan harus menanggung Lost atau kerugian perusahaan yang sudah bertahun-tahun tapi di bebankan kepada karyawan baru dengan melakukan pemotongan gaji selama 6 bulan dan memberikan ancaman kepada pekerja mereka apabila tidak mau menandatangani sebuah belangko kosong gaji mereka tidak akan di bayarkan, perusahaan beralibi mengalami kerugian sampai dengan ratusan juta dan yang ratusan juta sudah di tutup oleh perusahaan dan sisanya beberapa puluh juta harus di tanggung oleh karyawan. namun perusahaan tidak mampu melakukan tracing kerugian mereka dan siapa yang harus bertanggung jawab untuk itu, hal tersebut terlihat sangat konyol. terlihat seperti rekayasa untuk memperkaya perusahaan dengan menekan karyawannya.

Apakah di benarkan cara mereka seperti itu?
Apakah meminta seseorang tanda tangan di sebuah belangko kosong bukan tidakan kejahatan perdata?

Mohon Konfirmasinya
Disnakertrans DIY :
Kepada Yth. Sdr. Dwi Susanto
Tindakan tersebut tidak dibenarkan, perusahaan dapat dikatakan mengalami kerugian apabila ada bukti berupa laporan keuangan perusahaan beserta neraca rugi laba yang menunjukkan bahwa perusahaan rugi. laporan keuangan perusahaan tersebut seharusnya diberitahukan kepada para pekerja atau perwakilan pekerja di perusahaan Saudara. Saran kami Saudara ajukan permohonan pengaduan secara tertulis ke disnaker dimana lokasi perusahaan berada sesuai kewenangannya agar segera ditindaklanjuti.
Demikian saran kami, semoga bermanfaat
4.
ahmad asri zalmi (Jl. madubronto no 6D patangpuluhan)
Jumat, 16 Jan 2015 06:56:36
Judul : Cara untuk mendapatkan data biodata pekerja
Pesan :
Dear nakertrans jogja, kebetulan kami sedikit kesulitan untuk mencari tenaga kerja yang terampil serta siap kerja. sebelumnya kami pernah mendengar dari pengusaha lain kalau kita sebagai pengusaha bisa menjadi anggota dinakertran dan kemudian dapat mengetahui informasi biodata para pekerja yang belum mendapatkan pekerjaan secara online, apakah itu benar dan bagaimana cara nya?

Trimakasih sebelumnya

DNA Photo
Manager
Disnakertrans DIY :
Dengan hormat,
Terimakasih atas pesan yang disampaikan, untuk mendapatkan data nama pencari kerja bp/Ibu silakan datang ke kantor Tenaga Kerja Kabupaten/Kota setempat disana Bp/ibu silakan berkonsultasi dan akan dilayani petugas sesuai keinginan Bp/Ibu

Dinas tenaga kerja juga membantu mempublikasikan Lowongan Kerja secara gratis.

Dinas Nakertrans DIY
sunu/penatalaksana & pengembangan bursa kerja
5.
Handy Firmansyah Bachtiar (Jl. Wonosari km 9)
Sabtu, 10 Jan 2015 11:38:56
Judul : Sistem pengupahan pada hari libur nasional
Pesan :
Dengan hormat.

Saya adalah pekerja shift. 6 hari kerja, 1 hari libur, rolling. Jadi hari libur mingguan saya tidak selalu di hari Ahad. Yang ingin saya tanyakan, apabila secara kebetulan hari libur saya bertepatan dengan hari libur nasional, apakah :
- Saya tetap diupah ? ( ps.88-3 )
- Rekan kerja saya yang lain, yang juga libur ( tapi jadwal libur mingguan tidak jatuh di tanggal tsb ), apakah juga diupah?
- Apakah benar jika saya ( anggap saja sedang sial karena hari libur nasional bertepatan dg jadwal libur saya ) diupah sebanyak 2 jam lembur wajib, sedangkan rekan saya yang lain ( yang di jadwalnya jatah masuk ) dibayar full sehari. Sedangkan kami semua sama-sama libur alias sama-sama tidak bekerja di hari tsb?

Mohon penjelasannya menurut UU.13/2003 ttg Ketenagakerjaan.
Terimakasih banyak.
Handy
Disnakertrans DIY :
Kepada Yth Sdr. Handy
Pada prinsipnya bahwa pekerja tetap dibayar upahnya walau mereka libur bertepatan dengan hari libur nasional, namun untuk uang transport dan uang makan tidak dibayarkan jika hal itu dituangkan dalam perjanjian kerja antara pekerja dan pengusaha di perusahaan Saudara.

Demikian jawaban kami, kurang lebihnya kami mohon maaf, terima kasih
6.
Jono (Jogjakarta Berhenti Nyaman)
Jumat, 10 Okt 2014 07:36:41
Judul : Tanya
Pesan :
Pakdhe... pelatihan BLK masih ada ga ya?
Disnakertrans DIY :
Untuk Tahun ini pendaftaran sudah ditutup, jika ingin mendaftar silahkan dengan menulis nama, no Hp dan jurusan yang diminati, tetapi untuk alokasi tahun 2015. pelaksanaan pelatihan awal februari tergantung jurusan yang diminati.
7.
Setyo wahyuni (Malangan,Sentolo,Kulon Progo)
Kamis, 24 Jul 2014 10:34:48
Judul : kriteria perusahaan yg wajib memberikan THR
Pesan :
sy mau menanyakan,klo perusahaan CV wajib memberikan THR blm,soalny sy sdh bkrja selama hampir 5th blm prnh mendapatkan THR,mgkin krn lokasi perusahaan kami didesa,mjd slh satu alasan pimpinan kami,memang kami mendapat bungkisan dan pengganti uang makan selama puasa,tp klo THR 1 gaji blm prnh,wlpun masa krja ada yg 5th lebih,mohon dijelaskan kriteria perusahaan yg wajib memberikan THR.terimakasih
Disnakertrans DIY :
Kepada Yth. Sdri Setyo Wahyuni

Pada dasarnya semua perusahaan wajib memberikan THR Keagamaan kepada para karyawan. Besarnya THR untuk pekerja dengan masa kerja 1 tahun atau lebih adalah 1 kali upah sebulan, sedangkan untuk pekerja dengan masa kerja 3 bulan tetapi kurang dari 1 tahun diberikan proporsional dengan perhitungan masa kerja dibagi 12 dikali upah 1 bulan. Namun demikian bagi perusahaan yang karena kondisi keuangannya tidak mampu membayar THR maka besarnya THR menyesuaikan dengan kemampuan perusahaan tersebut.
Demikian jawaban kami, kurang lebihnya kami mohon maaf, terima kasih.
8.
Joanes Aditya (Cemani Rt.03/Rw.14 Grogol Sukoharjo)
Sabtu, 28 Jun 2014 08:52:31
Judul : Pengaduan Jam Kerja Karyawan di Perusahaan Mu
Pesan :
Selamat siang, saya ingin bertanya pada Bidang Ketenagakerjaan Kementerian Tenaga kerja dan Transmigrasi perihal peraturan jam kerja karyawan di sektor swasta yang diatur dalam Undang-Undang No.13 tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan, khususnya pasal 77 sampai dengan pasal 85. Dalam pasal tersebut di atur jam kerja karyawan dalam 1 minggu sebanyak 40 jam kerja dengan asumsi 7jam kerja dalam 1hari selama 6 hari kerja.
Tetapi jam kerja yang saya dapat di Perusahaan Muncul Group Yogyakarta, yakni 8 jam kerja (pkl: 07.55-17.00) selama 5 hari kerja dan 5 jam kerja (pkl: 07.55-13.00) pada hari sabtu. sehingga total 45 jam kerja dalam 1 minggu dan tidak dihitung lembur.
Apakah peraturan jam kerja di Perusahaan Muncul Group melanggar Undang-Undang No.13 tahun 2003?. Mohon penjelasanya. Terima kasih.
Disnakertrans DIY :
Kepada Yth. Sdr Joanes Aditya
Selamat siang,

Berdasarkan Ps.77 ayat 1 dan 2 UU No. 13 Tahun 2003 dinyatakan bahwa :
1. Setiap pengusaha wajib melaksanakan ketentuan waktu kerja.
2. Waktu kerja sebagaimana dimaksud pada ayat (1) meliputi :
a. 7 (tujuh) jam 1 (satu) hari dan 40 (empat puluh) jam 1 (satu)
minggu untuk 6 (enam) hari kerja dalam 1 (satu) minggu; atau
b. 8 (delapan) jam 1 (satu) hari dan 40 (empat puluh) jam 1 (satu)
minggu untuk 5 lima hari kerja dalam 1 (satu) minggu.
3. Ketentuan waktu kerja sebagaimana dimaksud pada ayat (2) tidak
berlaku bagi sektor usaha/pekerjaan tertentu.
4. Ketentuan mengenai waktu kerja pada sektor usaha/pekerjaan tertentu
sebagaimana dimaksud pada ayat (3) diatur dengan Keputusan Menteri
No. Kep.51/Men/IV/2005 ttg Istirahat Panjang Pada Perusahaan
Tertentu

Perhitungan upah kerja lembur apabila kerja lembur dilakukan pada hari kerja adalah sebagai berikut :
- Untuk jam kerja lembur pertama harus dibayar upah sebesar 1,5 kali
upah sejam.
- Untuk setiap jam kerja lembur berikutnya harus dibayar upah sebesar
2 kali upah sejam.
- Apabila kerja lembur dilakukan pada hari istirahat mingguan dan
atau hari libur resmi untuk waktu kerja 6 hari kerja 40 jam seminggu
maka perhitungan upah kerja lembur untuk 7 jam pertama dibayar 2
kali upah sejam, jam kedelapan dibayar 3 kali upah sejam,
sedangkan untuk jam kesembilan dan kesepuluh dibayarkan upah lembur
sebesar 4 kali upah sejam.
- Apabila kerja lembur dilakukan pada hari istirahat mingguan dan
atau hari libur resmi untuk waktu kerja 5 hari kerja 40 jam
seminggu, maka perhitungan upah kerja lembur untuk 8 jam pertama
dibayar 2 kali upah sejam, jam kesembilan dibayar 3 kali
upah sejam, sedangkan untuk jam kesepuluh dan kesebelas dibayar 4
kali upah sejam.
- Apabila hari libur resmi jatuh pada hari kerja terpendek,
perhitungan upah lembur 5 jam pertama dibayar 2 kali upah sejam,
jam keenam dibayar 3 kali upah sejam, sedangkan jam ketujuh dan
kedelapan dibayar 4 kali upah sejam.

Cara menghitung upah lembur adalah berdasarkan upah bulanan,
sedangkan cara menghitung upah sejam adalah dengan hitungan 1/173
kali upah sebulan (Ps.8 Kep.102/Men/VI/2004).

Pengusaha yang mempekerjakan pekerja/buruh melebihi waktu kerja wajib membayar upah kerja lembur.(Ps.78 ayat 2 UU No.13 Th 2003).

Pengusaha yang mempekerjakan pekerja pada hari libur resmi wajib membayar upah kerja lembur.(Ps.85 ayat 3 UU No.13 Th 2003).

Pengusaha yang tidak membayar upah lembur kepada pekerja yang melakukan kerja lembur dapat terkena sanksi pidana dan/atau sanksi denda.

Berdasarkan Pasal 187 ayat 1 dan 2 UU No. 13 tahun 2003 ttg Ketenagakerjaan, dinyatakan bahwa :
1. Barang siapa melanggar ketentuan sebagaimana dimaksud dalam Pasal
78 ayat (2) dikenakan sanksi pidana kurungan paling singkat 1
(satu) bulan dan paling lama 12 (dua belas) bulan dan/atau denda
paling sedikit Rp 10.000.000,00 (sepuluh juta rupiah)dan paling
banyak Rp 100.000.000,00 (seratus juta rupiah).
2. Tindak pidana sebagaimana dimaksud pada ayat (1) merupakan tindak
pidana pelanggaran.

Pengecualian Upah Lembur

Bagi pekerja yang termasuk dalam golongan jabatan tertentu.
Yang dimaksud dalam golongan jabatan tertentu adalah mereka yang memiliki tanggung jawab sebagai pemikir, perencana,pelaksana dan pengendali jalannya perusahaan yang waktu kerjanya tidak dapat dibatasi menurut waktu kerja yang ditetapkan perusahaan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku, maka tidak berhak atas upah kerja lembur dengan ketentuan karena mendapat upah yang lebih tinggi (Ps.4 ayat 2 dan ayat 3 Kep.102/Men/VI/2004).

Di perusahaan Saudara menerapkan 5 hari kerja sehingga jam kerja per hari adalah 8 jam. Sedangkan pada hari sabtu dihitung 5 jam hal itu
apakah sudah disepakati bersama dalam Perjanjian Kerja atau belum ? jika sudah ada Perjanjian Kerjanya maka sebaiknya dirundingkan kembali dengan pengusaha, agar dapat diubah sesuai aturan yang berlaku namun apabila tidak mau maka Saudara dapat mengadukannya ke pegawai Mediator Disnakertrans di wilayah kerja Saudara.

Demikian yang dapat saya sampaikan kurang lebihnya kami mohon maaf dan terima kasih.
9.
Fardin Laia, S.IP (Jl. Timoho 317 Yogyakarta)
Senin, 23 Jun 2014 18:25:30
Judul : Mengurus Kartu Kuning/AK
Pesan :
Kepada :
Yth. Bpk/ibu Pegawai Disnakertrans DIY

Dengan Hormat,
Sehubungan dengan rencana saya mengurus Kartu Kuning/AK di Disnakertrans DIY yang digunakan untuk melamar pekerjaan, namun KTP dan Kartu Keluarga masih domisili Nias, Sumatera Utara. Untuk itu, apakah memungkinkan saya bisa mengurusnya Disnakertrans DIY dengan membawa Kartu Identitas Penduduk Musiman Domisili Jogja atau Hanya dengan Membawa KTP domisili ? mohon pencerahannya.
Demikian, Salam .........!!!
Disnakertrans DIY :
Kepada Yth. Fardin Laia, S.IP
Karena AK/Kartu kuning sekarang sudah online dan bersifat nasional maka saudara bisa mencetak di mana saja asalkan membawa persyaratan yaitu kartu identitas penduduk musiman domisili setempat, foto dan fotocopy ijazah terakhir ke dinas tenaga kerja kabupaten/kota setempat.
silahkan datang ke kabupaten/kota di mana anda berdomisili untuk mendapatkan pengesahan dari pengantar kerja.
terima kasih.
10.
fitriana (jalan magelang km 6 belakan JCM)
Rabu, 18 Des 2013 20:30:36
Judul : tidak ada uang pesangin
Pesan :
saya pernah bekerja di PT defasindo kreasi prima sebagai SPG . kemudian saya mengundurkan diri, namaun saat saya menagih gaji terakhir saya beserta tabungan saya perusahaan tidak segera memberikannya dan selalu menunda nunda sampai 3 bulan. bagaimana pak/bu solusinya, padahal saya rutin menagihnya namun perusahaan tiap pada tanggal yang dijanjikan selalu ingkar.
Disnakertrans DIY :
Kepada Yth. Sdri Fitriana
Kami sarankan Sdri menghubungi pegawai Mediator Ketenagakerjaan sesuai domisili perusahaan berada, agar segera ditindaklanjuti. Perlu diketahui pula bahwa berdasarkan Ps. 162 UU 13/2003 untuk pengunduran diri tidak mendapat pesangon, tetapi untuk gaji terakhir tetap harus diberikan.

Menampilkan data ke 1-10 dari 68 data.
Halaman 1 2 3 4 5 6 7 »

MENULIS KE BUKU TAMU
 
:
:
:
:
:
Verifikasi *:
 

*) : Harus diisi




Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi DIY
Jl. Lingkar Utara Maguwoharjo, Depok, Sleman, DIY
Telp. (0274) 885147   Fax. (0274) 885036